Cara ke-22, Belajarlah berbicara dan menulis secara jelas dan padat. Baca buku, ikut kursus dan sampaikan pendapat Anda sesederhana mungkin. Jika Anda diminta untuk berbicara 30 menit, jangan berbicara 40 menit. Terlalu banyak kata dapat membuang waktu Anda dan waktu orang lain menjadi sia-sia.
Cara ke-23, Apakah daftar hal-hal yang perlu Anda selesaikan penuh? Urutkanlah tugas-tugas tersebut sesuai dengan prioritas. Pilihlah 3 tugas penting untuk Anda kerjakan setiap harinya. Seorang manajer yang efektif akan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting saja dan ketika Anda menyelesaikannya, Anda akan berbahagia olehnya.
Cara ke-24, Buatlah daftar pekerjaan yang tidak harus Anda lakukan, kemudian buat rencana untuk mendelegasikannya kepada orang lain. Mungkin itu adalah pekerjaan yang sekedar untuk menyenangkan orang lain, atau yang hasilnya sangat sedikit atau tidak berarti. Tanya “Apa akibat dari tidak mengerjakannya?” Jika jawabannya “tidak ada” atau “tidak banyak”, maka jangan lakukan pekerjaan itu.
Cara ke-25, Ketika berbicara dengan seseorang, terkadang kita berpikir, “Apa lagi ya, yang perlu saya bicarakan dengan dia? Kayaknya masih ada yang ingin saya tanyakan, kok jadi lupa!”. Buatlah catatan mengenai topik pembicaraan yang akan Anda bahas dengannya pada agenda atau Smartphone. Ketika Anda memikirkan sesuatu yang perlu Anda bicarakan, tuliskanlah, jangan hanya menyimpannya di kepala, biasanya ketika bertemu orangnya, kita lupa!
Cara ke-26, Apakah Anda merasa memiliki terlalu banyak tugas untuk dikerjakan? Setiap tugas kelihatan seperti sangat mendesak untuk dilakukan? Dan Anda tidak tahu darimana memulainya? Untuk mengatasinya, pilih pekerjaan yang paling banyak memberikan banyak kepuasan bagi diri Anda. Pertimbangkan antara tugas yang satu dengan tugas lainnya dan tanyakanlah pada diri sendiri, “Apa yang saya rasakan di penghujung hari setelah menyelesaikan tugas-tugas ini?”
Cara ke-27, Apakah Anda pernah mencoba sesuatu yang baru baik itu hobi, olahraga atau suatu kegiatan social tetapi kemudian segera mengabaikannya karena Anda tidak punya banyak waktu lagi? Sebelum memulai suatu hobi atau sesuatu yang baru, cobalah untuk terlebih dahulu mengeliminasi atau menghentikan satu hobi atau kegiatan yang lama, yang mungkin tidak atau mulai tidak Anda sukai. Akan lebih baik jika Anda dapat mengurangi dua macam hobi atau kegiatan lainnya, sehingga Anda memiliki waktu untuk hal-hal yang baru.
Cara ke-28, Jika Anda membeli perlengkapan rumah dan kantor, usahakanlah membelinya secara borongan atau dalam jumlah yang banyak. Anda akan dapat menghemat uang dan waktu belanja. Bahkan tidak jarang jika Anda membeli barang dalam jumlah tertentu, Anda akan mendapat hadiah atau diskon yang tentu saja membuat senang.
“Jika Anda gagal merencanakan, Anda merencanakan untuk gagal”
ConversionConversion EmoticonEmoticon